Pentingnya Ice Breaking Dalam Kegiatan Outbound Training

Ice Breaking, Paket outbound di Belitung, Belitung Outbound, Outbound BelitungAktifitas dalam kegiatan Outbound Training dapat dilakukan dalam berbagai macam bentuk, mulai dari aktifitas outbound yang dilakukan dalam bentuk simulasi bersama yang sifatnya menyegarkan dengan tingkat resiko yang rendah.

Sampai dengan aktifitas Outbound yang di lakukan dalam bentuk simulasi yang memiliki resiko cukup tinggi, seperti ; high rope, arung jeram, paintball dan lainnya.

Mengingat konsep penyelenggaran Outbound adalah “Tailor Mode”, maka pada dasarnya semua aktifitas dalam kegiatan outbound dapat di sesuaikan dengan keinginan pelanggan.

Dan ini tentunya dapat di lakukan setelah pelanggan dan pihak penyelenggara sepakat dengan hasil diskusi bersama terkait konsep kegiatan seperti apa yang di inginkan dan di rasa cocok serta bermanfaat untuk perusahaan pelanggan.

Namun dari sekian banyak aktifitas luar biasa yang di lakukan dalam rangkaian kegiatan Outbound Training, ada salah satu aktifitas Outbound Training yang wajib di lakukan dalam setiap rangkaian kegiatan outbound, yaitu aktifitas Ice Breaking in Group Feeling.

Simulasi dengan muatan materi Social Games ini memang bertujuan untuk saling mendekatkan antara peserta dengan peserta lainnya.

Bukan hanya sekedar membangun keakraban, dalam simulasi ini juga peserta akan di ajak untuk belajar bagaimana caranya kita melakukan tantangan dengan penuh kebahagiaan dan menyelesaikannya secara efektif dan efesien.

Nah, berikut  beberapa manfaat Ice Breaking yang sangat luar biasa untuk perkembangan diri kita secara pribadi atau pun dari sudut pandang teamwork / kelompok kerja.

1. Aktifitas Ice Breaking Secara Fisik Bagi Kita
Selain mengurangi ketegangan otot, tertawa juga bisa meningkatkan memori, menambah kekebalan tubuh dan membantu mencegah penyakit jantung. Mantap’kan?. Bahkan meski kita hanya tertawa palsu saat mendengar lelucon rekan kita, itu sudah memberi manfaat loh.

2. Ice Breaking Itu Menyenangkan
Saat kita tidak ingin tertawa, otak bisa memerintahkan mulut untuk tertawa. Saat mendengar atau melihat sesuatu yang menggelikan, namun ada orang yang mengatakan ” jangan tertawa “, yang terjadi bukannya kita diam tapi malah tertawa tertahan atau malah tertawa terbahak – bahak. Hmmm, tidak perlu menyangkal sesuatu yang menyenangkan. Humor kan menyelesaikan banyak hal dan membuat kita tenang.

3. Aktifitas Ice Breaking Mampu Mengurangi Stress
Saat hati terluka, maka kita pasti sedih. Betul ?. Lalu, kesedihan menjadi pusat perhatian kita. Menghindari tertawa dilakukan untuk menghormati rasa kehilangan seseorang yang disayangi, kehilangan pekerjaan atau karena telah melakukan sebuah kesalahan besar. Pada saat seperti itu, lebih baik tidak menampik untuk tertawa. Tertawalah jika memang ada yang pantas ditertawakan agar segala sesuatu terasa lebih ringan dan masalah tidak menghancurkan diri sendiri. Sebuah studi mengatakan bahwa manfaat dari rasa humor dan tertawa yaitu mempu meminimalisir pikiran negatif dalam kehidupan yang menyebabkan depresi. Tidak hanya itu, tertawa dapat mengurangi rasa kesepian dan membuat seseorang berpikir lebih positif terhadap diri mereka sendiri.

4. Aktifitas Ice Breaking Baik Untuk Jantung
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ketika Anda tertawa, ada peningkatan aliran darah yang kaya akan oksigen ke dalam tubuh. Hal ini dikarenakan adanya pelepasan endorfin, yang membuat perasaan negatif dan stres menghilang. Anda bisa bantu menyehatkan jantung dengan melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan endorfin seperti,mendengarkan musik yang disukai, olahraga dan juga tertawa.

5. Ice Breaking itu Seperti Berolahraga
Tertawa merupakan tindakan fisik yang bisa menjadi olahraga ringan untuk tubuh. Ketika tertawa, wajah Anda mengalami peregangan otot. Hal ini akan meningkatkan denyut nadi dan oksigen yang tersebar ke jaringan. Ini dikarenakan saat tertawa Anda akan benapas lebih cepat. Tidak hanya itu, tertawa membuat jantung memompa lebih cepat. Ini akan membuat peredaran darah jauh lebih lancar.

6. Ice Breaking Bisa Mengubah Mood Buruk
Tertawa juga membantu seseorang menahan energi negatif saat suasana hati buruk. Endorfin yang dihasilkan saat tertawa membuat perasaan jauh lebih baik.

7. Ice Breaking Dapat Mengurangi Rasa Sakit
Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa penderita penyakit kronis tidak merasa terganggu dengan rasa sakitnya tersebut ketika mereka sering tertawa. Tertawa tidak akan menyembuhkan sakit kronis Anda, tetapi bisa membantu meringankan rasa sakit yang diderita.

8. Ice Breaking Bisa Menjaga Keutuhan Hubungan
Komunikasi yang diselingi dengan humor bisa membuat hubungan jadi menyenangkan, tidak membosankan dan bebas dari rasa khawatir. Tidak hanya bantu mengubah pandangan seseorang terhadap masalah dari sisi yang menyenangkan, tetapi juga memperkuat hubungan dan kebersamaan.

Itulah beberapa poin tentang manfaat Ice Breaking dalam setiap kegiatan Outbound Training maupun Company Outing.

Walaupun sekilas seperti main – main, namun manfaatnya sungguh tidak main – main.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *