0818 0809 9080
info@belitungoutbound.com

Outbound & Capacity Building Kemenkeu RI

Capacity-Building-Dunia-Outbound-Di-Belitung

Memasuki bulan April 2018, tepatnya tanggal 4 – 6 April 2018, tim Belitung Outbound berkesempatan bekerja sama dengan Setkomwajak Kemenkeu RI dalam pelaksanaan kegiatan Outbound & Capacity Building Kemenkeu RI yang di adakan di Pulau Belitung.

Kegiatan Outbound & Capacity Building yang berlangsung selama tiga hari dua malam ini di isi dengan kegiatan Amazing Race in Belitung, Rapat Kerja Setkomwasjak dan di tutup dengan acara ramah tamah bersama.

Hari pertama, tiba di Bandara HAS Hananjeddin, seluruh peserta langsung di ajak melakukan simulasi Ice Breaking in Group Feeling melalui beberapa permainan ringan yang menyegarkan.

Ice Breaking yang berlangsung selama 60 menit ini berhasil mengembalikan kesegaran dan keceriaan peserta yang lelah setelah melakukan perjalanan dari Jakarta.

Selesai Ice Breaking in Group Feeling, peserta Outbound & Capacity Building Kemenkeu RI langsung di libatkan dalam permainan Amazing Race.

Tantangan pertamanya adalah mencari posisi tempat duduk masing – masing pada kendaraan yang telah di siapkan oleh panitia.

Posisi duduk semua peserta sudah di susun oleh panitia, penyusunan posisi kursi berdasarkan pembagian kelompok yang di berikan oleh tim Setkomwasjak.

Terjadi sedikit kekacauan pada sesi ini, karena nama – nama peserta di tulis pada kertas origami berwarna warni yang di lipat dua dan di tempel di tiap kursi, sehingga peserta harus membuka satu persatu lipatan kertas origami tersebut untuk menemukan nama mereka.

Waktu penugasan untuk sesi ini adalah 3 menit waktu pengerjaan.

Mengusung tema kualitas kerja, kuantitas kerja serta waktu kerja, simulasi ini bertujuan untuk mengajak peserta untuk melakukan kegiatan dengan efektif dan efisien.

Kegiatan di lanjutkan dengan perjalanan menuju Kp. Gantong, Belitung Timur, dimana terletak sekolah replika Muhammadiyah yang di jadikan lokasi syuting film Laskar Pelangi.

Perjalanan yang memakan waktu sekitar 60 menit waktu tempuh ini diisi dengan Simulasi antar kelompok yang ada di masing – masing bus.

Seperti apa simulasinya?, peserta di informasikan untuk mengingat dan menghafal lagu ” Hymne Guru “, setelah mengingat – ingat, kemudian panitia memberikan tugas dalam bentuk menghitung jumlah huruf yang ada dalam lagu tersebut.

Jika jawabannya benar, maka akan tersusun sebuah kalimat dari huruf – huruf yang ditemukan oleh peserta.

Tiba di sekolah Laskar Pelangi, peserta langsung mendapat tugas selanjutnya. Yaitu menyusun sebuah puzzle bebas yang akan membentuk menjadi sebuah huruf kapital sempurna. Keberhasilan tim dalam menyusun puzzle merupakan tiket untuk makan siang.

Semakin cepat puzzle tersusun, maka semakin cepat pula untuk makan siang di sebuah rumah makan yang berada di pantai Panjang, Belitung Timur.

Selesai makan siang, peserta Outbound Belitung di ajak berkunjung ke salah satu bangunan tertua yang ada di Belitung Timur, Kuil Dewi Kuan Im.

Puas menikmati keindahan pemandangan dan arsitektur Kuil Dewi Kuan Im, peserta langsung menuju hotel untuk beristirahat dan mempersiapkan diri untuk mengikuti acara Pembekalan Materi Capacity Building malam nanti.

Pukul 20.00 WIB, setelah menikmati makan malam, peserta melanjutkan kegiatan hari ini dengan penyampaian materi Capacity Building yang berisi Motivasi dan Pembekalan oleh nara sumber yang berasal dari Kemenkeu Kantor Wilayah Bangka Belitung.

Pembekalan yang berlangsung selama tiga jam ini berlangsung seru, menarik dan penuh kejutan. Bagaiman tidak?, karena di sessi ini juga di serahkan plakat penghargaan dari Sekretariat Komite Pengawas Perpajakan kepada Perwakilan Kemenkeu Kantor Wilayah Bangka Belitung ( Babel ).

Share:   

Tags: #outboundtraining, #training

Leave a comment

Butuh Bantuan Kami ?

Silahkan Konsultasikan kebutuhan anda kepada kami.

Minta Penawaran